Jenis Pakan Untuk Anakan Kenari

Saat mengerami telur, Induk betina akan sering terlihat turun dari sarangnya untuk makan dan minum. Selain itu, juga untuk mengatur tingkat kehangatan / suhu saat mengeram. Pakan yang baik pada periode ini adalah pakan yang banyak mengandung lemak, seperti pakan biji- bijian dan sayuran yang sangat bagus untuk menjaga kondisi indukan dari resiko kurus serta kematian anakan saat mengerami.


Telur puyuh bisa diberikan seminggu sekali, karena bila berlebihan, bisa menyebabkan Over Birahi, yang mana akan menyebabkan betina justru jarang mengerami telurnya karena selalu gelisah mencari-cari pejantannya.

Selain itu, bisa juga sayur / buah diberikan setiap hari sebagai penyokong nutrisi / vitamin yang dibutuhkan pada saat mengeram. Ada juga yang terlalu lama mengerami dan menyebabkan telur gagal menetas, itulah mengapa kita harus pintar memilih calon indukan, karena tidak semua betina memiliki sifat yang sama.



Saat telur menetas, biasanya baru keesokan harinya anakan tersebut akan diloloh oleh induknya, karena masih ada cadangan kuning telur di perut anakan kenari. Sangat penting bagi kita untuk mencatat kapan telur pertama diletakkan, sehingga kita bisa mengetahui kapan telur pertama akan menetas.

Sehari sebelum telur menetas, sebaiknya indukan kenari diperkenalkan dengan “Soft Food” yang merupakan jenis pakan untuk anakan kenari yang tepat. Merk Pakan Soft Food yang paling terkenal di pasaran adalah CEDE, yang merupakan campuran dari tepung roti, telur, fumayin dan Niger Seed.

Ada juga soft food yang memang khusus untuk Hand feeding dengan merk Kyete, namun tidak banyak dipasaran. Juga bisa disediakan telur puyuh setiap harinya sampai usia anakan 1-2 bulan baru pakan telur di hentikan. Telur puyuh yang disediakan setiap hari, tidak akan membuat betina menjadi gemuk, karena keseluruhan telur tersebut akan diberikan kepada anak- anaknya.

Kita perlu memperhatikan juga, apa makanan yang paling diminati indukan saat meloloh, karena ada beberapa indukan kami yang hanya mau meloloh anakannya dengan bijian, atau hanya meloloh anakannya dengan sayuran saja, maka kepadanya harus diperbanyak porsi apa yang dia suka.

Kunci sukses cara beternak burung kenari yang baik adalah jika indukan yang sedang mengerami dan membesarkan anak-anaknya mendapatkan ketenangan dan kenyamanan, tanpa sering di ganggu karena rasa penasaran ingin melihat anakan kenari disarangnya.



Tulisan ini hanyalah pengalaman pribadi dari penulis yang kebetulan juga menyukai kenari. Artikel ini belum tentu benar dan baik bila diterapkan di tempat lain. Karena itu kami masih sangat membutuhkan masukan / saran serta kritik bila memang ada yang kurang berkenan. Semoga bermanfaat....

2 comments:

  1. cara merawat kenari yg baru netas tanpa induknya tu gimana ya? rencana ane mau memakai alat tetas telur... mohon bantuanya.

    ReplyDelete
  2. thanks for infonya, soalnya saya punya anakan kenari yang baru menetas,, and baru pertama lagi,,,,,,,

    ReplyDelete