Kapan Kenari Bertelor

Satu pertanyaan yang sering dilontarkan oleh mereka yang baru memulai beternak kenari, "Kapan kenari bertelor?". Tentunya setelah sekian lama memelihara kenari, pasti berkeinginan untuk segera mendapatkan anakan- anakan kenari. Berbagai cara dilakukan agar kenari yang dipelihara agar segera berjodoh, dengan tetap memperhatikan cara beternak burung kenari yang benar.


Para pemula kebanyakan hilang kesabarannya karena ternyata kenari yang dipeliharanya tidak segera berjodoh. Bahkan beberapa diantaranya rela mengeluarkan anggaran yang besar untuk membeli indukan kenari yang telah siap berproduksi. Namun pada kenyataannya jika berharap kenari segera bertelor, maka akan melalui tahapan yang sama.

Kuncinya adalah pada proses perawatan harian. Dengan melakukan proses penjemuran pada pagi hari, pemberian pakan yang berkualitas baik yang dilakukan pada setiap harinya. Maka, burung kenari yang dijodohkan atau telah berjodoh akan menunjukkan tanda- tanda yang dinantikan.

1. Kedua burung kenari, jantan dan betina akan sering terlihat mandi pada saat dijemur pada pagi hari. Secara bergantian akan mandi di karamba atau wadah air yang tersedia di sangkar.

2. Keduanya akan mulai aktif mengumpulkan bahan sarang ( sebaiknya segera sediakan bahan sarang berupa serat- serat didasar sangkar ).

3. Perkimpoian atau pembuahan akan terjadi  beberapa kali selama masa penjemuran.

Proses diatas dapat berlangsung selama satu minggu, bahkan mungkin lebih untuk beberapa kenari yang sulit sekali dijodohkan.

Bila tanda- tanda ini sudah terlihat, maka sebaiknya segera tempatkan sangkar pada lokasi yang tetap dan tidak bergoyang. Hindarkan menempatkan sangkar dengan cara menggantung jika digunakan untuk beternak . Pengalaman penulis, jika sarang telah tertata rapi maka akan terlihat kenari betina lebih banyak berada disarangnya. Maka, dapat dipastikan untuk beberapa hari kedepan burung kenari akan mulai bertelor dan sekaligus mengeraminya.

ARTIKEL TERKAIT:

No comments:

Post a Comment