Advertisement



Memilih Indukan Dan Pakan Berkualitas

Dengan harga burung kenari yang cukup menggembirakan saat ini, sangat rugi jika tidak dimanfaatkan dengan baik oleh para peternak agar dapat menikmati keuntungan yang lebih. Bayangkan, harga burung kenari lokal sekitar Rp. 175.000,00 tentu sangat menggairahkan karena sangat menguntungkan dibanding harga beberapa tahun yang lalu dikisaran Rp 90.000,00. Belum lagi jika anakan kenari yorkshire ( F1 dan F2 ) yang masih dikisaran harga Rp. 1.000.000,00 hingga Rp. 4.000.000,00. Siapa yang tidak tergiur?.

Melihat harga jual yang masih menggairahkan, dan kesempatan ini jangan sampai terlewatkan. Bagi peternak pemula, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pada saat menangkarkan kenari dapat menghasilkan anakan yang berkualitas bagus dan bongsor, hingga dapat menjualnya dengan harga yang relatif lebih tinggi. Dimana saat ini, permintaan kenari dengan ukuran bongsor sangat tinggi.

Kualitas indukan sangat menentukan hasil, memilih indukan dari anakan yang dibesarkan oleh induknya dan bukan dari pembesaran anakan dengan handfeeding. Kenari yang dibesarkan dengan cara handfeeding akan kehilangan naluri alaminya dalam hal mencari makanan dan meloloh anakan.  Postur tubuh sebaiknya juga menjadi pertimbangan karena anda pasti tak menginginkan memperoleh anakan dengan postur tubuh yang kecil. Demikian pula dengan kecerahan warna bulu- bulu dan kelincahannya.



Bila sudah mendapatkan indukan yang bagus, maka selanjutnya adalah memberikan pakan yang berkualitas. Pakan berkualitas dapat berupa biji- bijian dengan tambahan vitamin dan extra fooding berupa telor puyuh yang dapat diberikan setiap tiga hari sekali. Buah dan sayuran slada dapat diberikan setiap hari, tambahan pakan berupa bubuk kalsium atau tulang sotong akan membantu penyempurnaan pembentukan kulit telor. Untuk mandi, dapat dilakukan dengan disemprot dengan sprayer dan kemudian dijemur pada pagi hari.

Jadi dengan memilih indukan dan pakan berkualitas dengan perawatan yang benar akan menghasilkan anakan kenari yang anda harapkan.

ARTIKEL TERKAIT:

No comments:

Post a Comment